Manfaat dan Madharat Ujian Nasional


Mentri Pendidikan dan Kebudayaan telah resmi meniadakan Ujian Nasional (UN) bagi semua siswa baik di tingkat dasar maupun menengah mulai tahun 2021. Hal tersebut memicu pro dan kontra di berbagai kalangan terkait keputusan kementrian yang sekarang dipegang oleh Pak Nadiem Mukarim tersebut. Lantas sejauh mana kefektifan Ujian Nasional bagi para siswa ?
Pada dasarnya segala sesuatu itu pasti memiliki manfaat dan madharat begitupun juga dengan Ujian Nasional. Berikut ini kefektififan dari Ujian Nasional yaitu :

1.  Sebagai tolak ukur siswa secara nasional

Ujian nasional merupakan salah satu sarana Negara untuk melihat sejauh mana keefektifan sistem belajar di Indonesia dan kecerdasan kognitif siswa. apabila siswa banyak yang berhasil di dalam mengerjakan Ujian Nasional maka bisa dikatakan Negara telah berhasil dalam hal belajar. Ujian Nasional juga menjadi ajang mengukur kecerdasan kognitif seorang siswa selama menempuh pendidikan di sekolah.

2.  Meningkatkan semangat belajar siswa

Adanya Ujian Nasional juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Hal ini tebukti dengan banyak program Bimbingan Belajar untuk siswa yang akan melakukan UN baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun lembaga non formal lainnya. Program bimbingan belajar merupakan salah satu program yang efektif bagi para siswa untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang akan diujiankan terlebih lagi mata pelajaran yang sudah dilewati.

Adapun kurang efektifnya Ujian Nasional bagi para siswa diantaranya : 
1.Siswa di Indonesia yang plural

Ujian Nasional merupakan ujian untuk menyetarakan siswa sedangkan seperti yang sudah diketahui bangsa Indonesia itu beragam dan para siswa memiliki kecerdasan dan kemampuan yang berbeda sehingga tidak bisa disamaratakan. Ujian Nasional juga tidak adil karena hanya diperuntukan bagi orang-orang yang mempunyai kecerdasan akademik saja.

2. UN merupakan momok yang menakutkan bagi para siswa

Memang Ujian Nasional bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar, akan tetapi UN juga menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian siswa. Hal ini bisa dilihat dengan banyak siswa yang rela belajar hingga larut malam dikarenakan besoknya ujian dan takut nilai ujiannya jelek. padahal Ujian Nasional sudah bukan lagi penentu kelulusan sehingga para siswa bisa tenang dan lebih mementingkan masa depannya.



0 Comments