Tempat Wisata Di Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Halooo sobat maulana... kali ini saya mau nge share nih tempat wisata yang ada di Yogyakarta. siapa sih yang ga tahu Yogyakarta? kota ini banyak sekali julukannya, mulai dari kota pelajar, kota seni dan budaya,kota gudeg dan yang ga kalah terkenalnya yaitu kota wisata. Menurut kepala dinas pariwisata DIY Yogyakarta, Aris Riyanta, mengatakan pada tahun 2017 lalu, terdapat 4,7 juta wisatawan domestik berkunjung ke Yogyakarta.

ehh malah neglantur kesana kemari.. langsung simak berikut ini tempat wisata dekat dengan Staisun Yogyakarta


Tugu Yogya

1. Malioboro

   Siapa sih yang ga tahu tempat ini? nama jalan yang dijadikan tempat wsiata ini sering kali dikunjungi oleh para wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Jalan Malioboro terbentang mulai dari stasiun Tugu Yogyakarta hingga kantor pos atau sering disebut titik nol kilometer. Rasanya sayang sekali deh kalau anda pergi ke Yogyakarta tidak menyempatkan waktu berkunjung ke tempat ini.

    Malioboro juga merupakan kawasan pusat perbelanjaan legendaris dan merupakan salah satu kebanggan warga Yogyakarta. Disini, anda bisa berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta juga sering digunakan tempat nongkrong oleh anak muda. Cukup membayar uang sebesar Rp. 3.000 saja untuk kendaraan berdoa dua untuk parkir anda sudah bisa berjalan-jalan menyusuri tempat ini.

2. Titik Nol Kilometer
    Selain terkenal dengan jalan Malioboronya, tempat wisata yang satu ini juga cukup ramai dikunjungi apalagi ketika musim liburan tiba. Untuk menuju ke tempat yang satu ini, anda tidak perlu naik kendaraan umum karena jaraknya cukup berdekatan dengan Jalan Malioboro. Sayang rasanya apabila anda berkunjung ke tempat ini tidak melakukan sesi photo karena hampir di setiap penjuru Titik Nol Kilometer eksotik untuk dipotret. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan untuk menonton pawai dan pentas seni dan budaya. Apalagi di bulan Oktober ini kota Yogyakarta memperingati hari ulang tahunnya yang ke 262 sudah pasti banyak acara-acara yang digelar di Titik Nol Kilometer ini.
 
     Titik Nol KM

    Titik Nol Kilometer berada di pusat kota Yogyakarta. Kawasan ini merupakan pertemuan dari Jl. Ahmad Yani,Jl. KH Ahmad Dahlan, Jl. Panembahan Senopati, dan ruas jalan meuju alun-alun utara.

 3. Museum Benteng Vredeburg
     Museum ini letaknya berada di sebelah kiri Titik Nol Kilometer apabila anda berjalan dari arah Malioboro lebih lengkapnya di Jl. Margo Mulyo No 6,Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Bangunan ini merupakan salah satu peninggalan Belanda yang masih berfungsi, kini Benteng Vredeburg menjadi museum yang didalamnya terdapat beberapa karya seni,patung, bangunan dan berbagai macam senjata jaman Belanda.
     Museum benteng vredeburg
   Selain terdapat karya seni berupa patung dan seni lainnya, di dalam museum ini juga terdapat fasilitas-fasilitas lainnya seperti ruang perpusatakaan, ruang pertunjukan, ruang untuk seminar atau diskusi, ruang untuk pertemuan, wifi gratis, audio visual,ruang tamu, pemandu,mushola, kamar mandi dan fasilitas penunjang lainnya.

    Untuk memasuki museum Vredeburg ini, anda hanya akan dikenai biayai masuk 3.000 bagi orang dewasa, 2.000 bagi anak-anak dan 10.000 bagi turis.

4. Pasar Beringharjo
 
     Beringharjo Market

  Pasar Beringharjo ialah pasar tradisional tertua dan terbesar. Beringharjo hampir menyediakan segala kebutuhan para pelancong yang berwisata ke kota Yogyakarta. Banyak yang menyebut Beringharjo sebagai pasar tradisonal terindah di Jawa. Pasar ini persis terletak di sisi timur Jalan Malioboro-Jalan Ahmad Yani.  Anda cukup menyusuri jalan Malioboro ke arah selatan, maka Pasar Beringharjo tepat berada di sebelah kiri. Pertandanya cukup mudah, apabila di pinggir jalan sudah banyak orang yang berjualan buah, aksesoris dan jajanan maka disitulah pasar Beringaharjo berada.

5. Taman Pintar
 
     Taman Pintar merupakan salah satu destinasi favorit para pengunjung ke Yogyakarta. Apalagi jikalau anda membawa buah hati anda ke tempat ini, disini buah hati anda tidak hanya berkreasi saja tapi sekaligus juga belajar.
     Fasilitas yang ada di tempat ini yaitu playground, gedung paud barat dan timur, gedung oval,gedung memorabila dan gedung planetarium. Untuk bisa menikmati wahana tersebut, anda perlu mengeluarkan kocek sebesar 10.000 bagi anak-anak dan 18.000 bagi orang dewasa. Namun perlu diketahui untuk beberapa wahana tertentu, anda harus membeli tiket lagi untuk menontonnya. Seperti tempat berikut:
  Wahana teater 3D
 Untuk pelajar yang datang membawa rombongan minimal 20 orang maka akan dikenakan biaya 15 ribu, untuk umum lebih besar sedikit yaitu 20 ribu rupiah.

 Program Kreativitas
Agar bisa masuk ke tempat ini anda hanya mengeluarkan uang sebesar 5.000 rupiah saja. Sudah bisa menikmati program Kreasi Batik,Kreasi Gerabah,dan Hand On Science bagi anak-anak dan  orang dewasa.

  Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau, letaknya yang berada di pusat kota Yogyakarta memudahkan para wisatawan untuk bisa berkunjung ke tempat ini. Lebih Tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati No 1-3 atau sekitar 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro
 
Taman Pintar 

6. Alun-Alun Utara

Alun-Alun utara

 Alun-Alun Utara sebenarnya halaman depan kraton Yogyakarta. Lokasi tepatnya yaitu jika dari jalan Malioboro atau dari Titik Nol Kilometer cukup berjalan ke arah selatan anda sudah sampai di tempat ini. Dan lokasinya juga sangat strategis karena berdekatan dengan tempat wisata lainnya.

 Fungsi utama lokasi ini yaitu ruang publik. Semua masyrakat dari berbagai golongan dapat datang menyaksikan berbagai pagelaran yang diadakan keraton. Misalnya pada penyambutan bulan Maulud atau bulan Rabiul Awwal sering diselenggarakan pesta rakyat yaitu sekaten. Sebuah pesta untuk menyambut bulan Maulud dan juga sekaligus sebuah bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

 Nah itulah beberapa tempat wisata yang jaraknya tidak jauh dari stasiun Tugu Yogyakarta. bagaimana jadikan anda berkunjung ke tempat ini.. ga akan nyesel dah.

oke sampai disini dulu artikel tentang tempat wisata yang dekat dengan stasiun Tugu Yogyakarta. Terima kasih.

0 Comments