Industri 4.0 ancaman ataukah keberuntungan?

industri 4.0
ERA INDUSTRI 4.0


Akhir-akhir ini, dunia disuguhi dengan Era industri 4.0. Banyak orang yang masih belum mengetahui asumsi dari era industri 4.0 tersebut. Mungkin kamu salah satunya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan tentang era industri 4.0 di bawah ini.

Era industri 4.0 adalah suatu jaman dimana semua mesin indutri akan terhubung dengan jaringan internet. Era Industri 4.0 atau disebut dengan Four point O dikenalkan pertama kali kepada dunia oleh bangsa Jerman pada tahun 2011. Era ini ditandai dengan penggunaan mesin-mesin yang terhubung dengan jaringan internet. Untuk lebih jelasnya silakan tonton video dibawah ini

Lalu apa dampak dari Era industri 4.0 tersebut? 

Dengan lahirnya Era industri 4.0, dunia akan mengalami discruption. Discruption adalah suatu perubahan secara mendadak yang mengahasilkan sesuatu yang baru dan menghilangkan sesuatu yang lama. Contohnya adalah parkir. Dulu di setiap area parkir selalu ada orang yang menjaga tempat parkir tesrsebut. Akan tetapi, hal itu sudah jarang sekali kita temukan karena sekarang sudah ada palang pintu otomatis  atau disebut dengan Parkling. 

Adanya sistem paling pintu otomatis tersebut secara tidak langsung telah menghilangkan sesuatu yang lama dalam artian orang yang dulu bekerja sebagai penjaga parkir akan kehilangan pekerjaannya dan menimbulkan suatu masalah baru yaitu pengangguran. Contoh yang lainnya adalah ojek online. Orang tua kita zaman dulu sering menggunkan ojek pangkalan jika ingin pergi ke suatu tempat. Tetapi, dunia telah berputar dan hal itu sudah bukan lagi jamannya. Sekarang sudah ada ojek online yang kita tak perlu mencarinya ke pangkalan ojek, Hanya membutuhkan hp smartphone dan kuota kita bisa memesan ojek online.

Hal serupa terjadi kepada tukang ojek pangkalan. Pendapatan sehari-hari meraka menurun drastis semenjak ada ojek online.Mungkin beberapa tahun yang akan datang kita sudah tidak dapat melihat lagi tukang ojek pangkalan dalam artian punah dan akhirnya tukang ojek pangkalan akan kehilangan pekerjaannya dan mendapat gelar baru sebagai pengangguran. 

ojek pangkalan

Lalu apa bedanya Discruption dengan Innovation?. Asumsi dari Discruption adalah menghasilkan sesuatu yang baru dan meghilangkan yang lama, sedangkan Innovation adakah menghasilkan sesuatu yang baru tanpa menghilangkan yang lama. Contohnya bakso beranak, hanya dengan menambahkan bakso-bakso kecil ke dalam induk bakso terjadilah bakso beranak. Adanya bakso beranak ini tidak membuat pedagang bakso biasa gulung tikar. Kenyataanya masih banyak pedagang bakso biasa yang laris manis diserbu masyarakat.

Ojek online dan sistem palang pintu otomatis merupakan beberapa dampak dari adanya Era Industri 4.0. Selain itu, pabrik pintar sebagai pabrik produksi nyaris tidak lagi membutuhkan tenaga manusia. Mesin-mesin dan robot akan menggantikan manusia di berbagai bidang indsutri. Angka pengangguran pun akan semakin meningkat.

robot pekerja

Laporan ILO menyebutkan angka terakhir pengangguran pada 2015 diperkirakan mencapai 197,1 juta orang dan pada 2016 diperkiran meningkat higga 2,3 juta mencapai 199,4 orang. Tambahan sekitar 1,1 juta pengangguran diperkirakan akan meningkat global pada 2017.

Dengan melihat data tersebut, sudah saatnya kita bersiap menghadapi Era Industri 4.0 jika tidak kita akan termasuk kedalam daftar pengangguran. Sudah saatnya beralih dari penjual gorengan di pinggir jalan menjadi penjual gorengan online. Beranjaklah dari tradisi tradisional ke tradisi modern.

Terima kasih telah membaca artikel Era industri 4.0. Mari kita bersiap menghadapi segala seuatu yang baru. Ingin tahu lebih banyak? silakan tonton video di bawah ini












0 Comments