merantau sudah menjadi budaya Indonesia sejak dulu. Orang sumatera merantau ke pulau jawa, orang papua merantau ke pulau jawa,begitupun sebaliknya orang jawa merantau ke pulau lainnya yang ada di Indonesia. Keputusan untuk merantau menimbulkan perasaan senang dan sedih. Senang karena akan menghadapi sesutau yang baru, sedih karena akan berpisah dengan kedua orang tua dan sanak keluarga di kampung halaman. namun apakah merantau akan sukses? tentu saja tidak. perlu pertimbangan yang matang sebelum anda memutuskan untuk pergi merantau. nah,agar perantauan anda tidak sia-sia, berikut ini tips bagi anda sebelum merantau.
Image result for tips merantau
1.Minta ijin dan restu dari kedua orang tua
    Ini adalah hal yang teramat penting sebelum anda pergi merantau. mintalah doa dari mereka agar perantauan anda selamat dan sesuai dengan apa yang diingankan. alangkah lebih baik lagi jikalau anda sungkem dan membasuh kedua kaki orang tua. jangan malu untuk melakukan hal itu karena untuk kebaikan anda sendiri. apalagi jika pergi merantau tanpa meminta restu dari orang tua itu adalah kesalahan yang besar. lalu bagaimana jika saya tidak diizinkan untuk merantau? cobalah kasih pengertian kepada orang tua dan jelaskan baik buruknya jika anda pergi merantau. apabila masih tetap tidak diijinkan.pula. jangan memaksa, dengarkan apa kata orang tua karena orang tua tahu apa yang lebih baik bagi anaknya.
Hasil gambar untuk gambar orang lagi sungkem

2. Persiapkan tujuan yang matang
    sebelum anda memutuskan untuk merantau, persiapkanlah tujuan merantau anda dengan jelas. contoh jika anda  pergi merantau untuk kuliah coba lah pikirkan dimana anda akan tinggal? apakah ada angkutan kota di kota tersebut. dan yang terpenting hitunglah estimasi dana yang akan kamu habiskan dalam sebulan. kekuatan sinyal dan jaringan juga sangat penting untuk memberitahu kabar kepada orang tua,teman,sahabat dan pacar kalau punya.  
Hasil gambar untuk gambar orang lagi berpikir

3. Bawalah barang-barang yang penting saja
   Hasil gambar untuk gambar orang membawa barang
     kebutuhan hidup seseorang berbeda-beda dan yang dianggap penting oleh setiap orang pun berbeda. nah bagi kamu yang akan merantau,alangkah lebih baiknya jika anda tidak membawa barang-barang yang ga berguna ke tempat perantauan. barang-barang yang ramah tamah bisa anda dapatkan di temat perantauan. terlebih jika anda membawa barang-barang yang berat sedangkan akses tempat anda merantau jauh dan sulit kendaraan itu sangat menyulitkan anda. bahi saya cukup dengan membawa satu bag koper dan satu kardus.

4. Luruskan niat dari sekarang
     
     pergi merantau dengan niat yang kurang baik luruskanlah dari sekarang. jangan sampai ketika anda sudah di tempat rantau malah berpoya-poya menghabiskan uang orang tua anda. ingatlah apa niat dan tujuan anda untuk merantau. apabila anda berniat untuk kuliah maka kuliahlah dengan benar jangan sampai titip absen ke teman. sekali dua kali bermain untuk menghilagan penat dan kejenuhan boleh boleh saja asal jangan keseringan. lagi pula anda merantau itu menggunakan uang hasil keringat kerja orang tua. ingatlah betapa susahnya orang tua mencari uang memdemi membiayai anaknya untuk kuliah. so, jangan jadi penjilat keringat orang tua.
Hasil gambar untuk gambar luruskan niat  okee guys, mungkin itu saja yang saya dapat sampaikan di artikel kali ini. Intinya adalah dimana pun anda berada tetaplah berdoa kepada sang maha kuasa agar tujuan perantauan anda sesuai dengan apa yang diharapkan .alangkah lebih baik jika anda berbuat baik terlebih dahulu kepada orang tua sebelum memutuskan pergi merantau. semoga perantauan anda sukses.aamiin